Rakor Pengurus Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca Kota Balikpapan 19 November 2022 - GPMB Balikpapan

Disputakar Balikpapan
Bapak Sutadi, Bapak Riza Permadi, dan Ibu Ida Prahastuty (kiri - kanan).
Sumber Foto: Pribadi

Sebagai kota penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN) yang berlokasi di titik 0 Km Kabupaten PPU dan sedang proses pembangunan, sepertinya Kota Balikpapan sedang gencar dalam usaha meningkatkan mutu pendidikan yang ada di Kota Balikpapan.

Sehari setelah dilantiknya Komisi Nasional Pendidikan Kota Balikpapan tanggal 18 November 2022, yaitu pertanggal 19 November 2022, dengan resmi dibubarkan kepengurusan lama Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) dan dibentuknya kepengurusan baru, masa bakti 2022 - 2026, yang diharapkan dapat menjalankan tugas dengan visi - misi yang lebih terarah.

Baca juga:

Rakor dipimpin oleh Bapak Sutadi, selaku Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan.

Serah terima jabatan Ketua dari Bapak Riza Permadi kepada Ibu Ida Prahastuty dan kemudian dipilihnya kepengurusan baru Oleh Ibu Ketua dengan koordinator-koordinator bidang terkait yang sudah tinggi jam terbangnya di dunia kepenulisan dan literasi, serta kesemuanya sangat aktif dalam kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh perpustakaan kota maupun perpustakaan nasional, dengan resmi dinyatakan mulai menjalankan Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca di Kota Balikpapan.

Disputakar Kota Balikpapan
Seluruh anggota kepengurusan GPMB Balikpapan menyaksikan penandatanganan persetujuan keanggotaan GPMB tahun 2022 - 2026 oleh Bapak Sutadi dan Ibu Ida Prahastuty.
Sumber Foto: Pribadi

Adapun Ibu Ida Prahastuty selaku Ketua GPMB Balikpapan masa bakti 2022 - 2026, adalah seorang tokoh masyarakat yang sebelumnya menduduki jabatan Ketua Komisi IV Bidang Kesejahteraan Rakyat DPRD Kota Balikpapan, dan kini aktif sebagai penggiat literasi di Kota Balikpapan.

Ibu ida Prahastuti dibantu oleh Ibu Dayang Suriani, seorang guru SMA Negeri 1 Balikpapan, dimana pada tahun 2017, beliau meraih predikat sebagai salah satu dari 50 guru terbaik di dunia setelah bersaing dengan 20 ribu guru dari 179 negara pada ajang Internasional Global Teacher Prize (GTP) di Dubai, selaku Sekretaris 1 GPMB Balikpapan.

Literasi Balikpapan
Seluruh Pengurus GPMB Balikpapan 2022 - 2026.
Sumber Foto: Disputakar Balikpapan

Selain itu masih ada Ibu Dewi Imroatusholiha sebagai Sekretaris 2, dan Ibu Siti Khalimah sebagai Bendahara, diikuti dengan koordinator serta keanggotaan untuk 6 bidang lainnya antara lain adalah:

  • Seksi Pengembangan Organisasi dan  Advokasi
  • Seksi Pengembangan Strategi dan Pembudayaan Kegemaran Membaca
  • Seksi kerjasama Pengembangan dan Pengkajian Gemar Membaca
  • Seksi Publikasi, Informasi, Dokumentasi, dan Humas
  • Seksi Pembudayaan Organisasi dan Umum
  • Sekretariat Koordinator

Kebetulan Koordinator Seksi Kerjasama Pengembangan dan Pengkajian Gemar Membaca adalah Bapak Budi Utomo yang merupakan bagian dari Radio IDC 89,5 FM, beliau pun mewadahi untuk GPMB melakukan talkshow kegiatan literasi setiap hari Sabtu.

Rapat Koordinasi Disputakar Balikpapan
Penyerahan buku pribadi Ibu Nony Vina selaku koordinator Seksi Publikasi, Informasi, Dokumentasi, dan Humas, kepada Perpustakaan Kota Balikpapan yang diterimakan oleh Bapak Kepala Disputakar Balikpapan saat Rakor GPMB.
Sumber Foto: Pribadi

Gerak cepat, hari Sabtu minggu pertama usai terbentuknya kepengurusan GPMB, oleh Bapak Budi Utomo pun langsung dijadualkan Ketua Pembina Bapak Kepala Dinas Perpustakaan Kota Balikpapan (Bapak Sutadi) dan Ketua GPMB Ibu Ida Prahastuty untuk melakukan talkshow yang pertama kalinya.

On Air GPMB
GPMB on air di Radio IDC pada Hari Sabtu 26 November 2022, pukul 09:00-10:00 WITA.
Sumber Foto: GPMB Balikpapan
Karena Buku adalah jendela dunia, maka cerdaskan kehidupan bangsa dengan kegiatan literasi. Hanya dengan banyak membaca bukulah, maka pengetahuan anak-anak bangsa pun semakin luas dan dapat bersaing di dunia global yang semakin hari semakin berkembang.

Disputakar dan GPMB
Sebagian pengurus mendampingi Bapak Sutadi dan Ibu Ida Prahastuty.
Sumber Foto: Pribadi

Komentar

  1. kerennnn
    sangat salut pada setiap gerakan literasi
    karena negara kita masih kekurangan gerakan semacam ini
    gak heran netizennya sering asbun dan galak gak jelas

    BalasHapus
  2. Seneng kalau gerakan cinta baca atau yang di Balikpapan disebut Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca semakin masif dan meluas. Di Palembang juga gerakan cinta baca ini masuk ke kampung-kampung. Walau peminatnya gak begitu banyak, setidaknya sebagian anak itu sempat teralihkan dari gadget untuk sementara waktu.

    Sedih kalau liat peringkat minat baca Indonesia semakin terpuruk. Semoga pelan-pelan akan semakin naik, syukur-syukur bisa kayak negara maju ya amiiin.

    BalasHapus
  3. Gerakan literasi yg sangaaatt positif ini ya
    Semoga bs memberikan banyak manfaat utk generasi muda Indonesia

    BalasHapus
  4. Selamat buat rakor dan orang2 yang terpilih mba. Moga makin banyak kegiatan literasi di balikpapan yang bisa dinikmati masyarakat ya

    BalasHapus
  5. Bagus nih gerakan literasi suka membaca ini Mba. Moga aja banyak warga Indonesia terutama di Balikpapan yang semakin senang membaca. Terutama anak-anak sebagai generasi penerus bangsa.

    BalasHapus
  6. Gerakan literasi ini memang harus digencarkan dan disebarluaskan keberbagai daerah agar kualitas manusia Indonesia menjadi lebih baik. Indeks pembangunan manusianya bisa terkelola dengan baik. Oh iya, selamat untuk pengurss baru yang sudah dilantik.

    BalasHapus
  7. Duh, jadi kangen ke Balikpapan. Terakhir ke sana tuh kapan yaa.. tahun 2014 atau 2015 deh. Suami orang sana, tinggal di Sepinggan. Cuma kami emang lama tinggal di Lombok. Seneng sih baca gerakan baik untuk memasyarakatkan minat baca begini. Dari dulu selalu suka sama Balikpapan, terutama soal kebersihan dan kedisiplinannya.

    BalasHapus
  8. Sukses selalu untuk Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca Kota Balikpapan.
    Semoga pengurus yang baru mampu mengembangan program inovatif yang mengajak masyarakat Balikpapan untuk membaca, membaca dan membaca.

    BalasHapus
  9. Gogogo Mba Annisa, terus meliterasi masyarakat dari kampung halamannya. Ini sangat membanggakan selama konsisten melakukannya. Pahalanya juga banyak mba. Alhamdulillah.

    BalasHapus

Posting Komentar