Pelantikan Komisi Nasional Pendidikan Kota Balikpapan Masa Bakti 2022 Hingga 2027 - Komnasdik Balikpapan

Komnasdik Balikpapan
Pelantikan Komnasdik Balikpapan masa bakti 2022-2027, tanggal 18 November 2022.
Sumber Foto: Komnasdik Balikpapan

Mungkin masih asing di telinga sebagian besar dari kita ketika mendengar kata 'Komnasdik'.

Komnasdik sendiri memiliki singkatan sebagai Komisi Nasional Pendidikan, dimana bertugas sebagai pengawas pendidikan yang ada di Indonesia.

Tercetusnya komnasdik berawal dari sistem pendidikan Pamekasan atau Jawa Timur pada umumnya yang dianggap kurang mengedepankan pendidikan karakter dan moral, sehingga lahirlah Komisi Nasional Pendidikan yang pertama di Jawa Timur, yaitu 17 Juni 2018 dan dikukuhkan pada Bulan November 2018 untuk masa bakti Tahun 2019 - 2022.

Bukan seperti Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah yang sudah diatur dalam Permendikbud, Komisi Nasional Pendidikan adalah lembaga independen yang menjadi mitra dari pemerintah untuk membantu dalam mengawasi sistem pendidikan di Indonesia.

Tupoksi (tugas pokok dan fungsi unit kerja) dari Komnasdik pada umumnya adalah sama dengan Dewan Pendidikan, yaitu mengawasi, mengkaji, dan memantau penyelenggaraan pendidikan, namun dibedakan dengan apa yang diawasi dalam hal pendidikan antara keduanya.

Dewan Pendidikan mengawasi pendidikan untuk masalah internal, sementara Komnasdik mengawasi pendidikan untuk masalah eksternalnya.

Masalah internal yang ada di dunia pendidikan sendiri adalah bagaimana keluhan, saran, kritik dan aspirasi masyarakat terhadap pendidikan yang mereka terima untuk dihimpun, dianalisis, dan direkomendasikan pada menteri, gubernur, bupati/walikota.

Masalah eksternal yang perlu diatasi dalam dunia pendidikan, berdasarkan penuturan Bapak Kunjung Wahyudi (Ketua Komnasdik Jawa Timur) pada tanggal 8 Februari 2022, melalui channel Youtube Komnasdik Jatim adalah peningkatan mutu pendidikan dari segi kompetensi guru yang ditingkatkan melalui berbagai pelatihan dan membantu guru-guru untuk mendapatkan prestasi (melalui rekor muri misalnya), dan juga mengenai digitalisasi pendidikan yang digunakan untuk memonitor kompetensi guru dan murid di sekolah-sekolah serta untuk program sertifikasi internasional dan sertifikasi profesi.

Untuk wilayah Kalimantan Timur sendiri sudah melantik hampir semua kabupaten/kota dan menyisakan dua kota saja yang belum, yaitu Kota Balikpapan dan Berau, sehingga dengan dikukuhkannya 25 orang Komnasdik Kota Balikpapan masa bakti 2022-2027 pada tanggal 18 November 2022 di Aula Rumah Jabatan Walikota Balikpapan, dapat mempercepat kelengkapan kab/kota yang ada di Kalimantan Timur.

Komisi Pendidikan Indonesia
Penandatanganan oleh Ketua Komnasdik Kaltim (Bapak Masdudi) dan Ketua Komnasdik Balikpapan (Bapak Isradi Zainal).
Sumber Foto: Komnasdik Balikpapan

Ketua Komnasdik Kalimantan Timur Bapak Masdudi, resmi melantik Bapak Dr. Ir. Isradi Zainal, S.T, M.T, M.H, M.M, DESS, IPU, A.Eng selaku Ketua Komisi Nasional Pendidikan Kota Balikpapan. 

Bapak Isradi Zainal sendiri berprofesi sebagai seorang rektor di Universitas Balikpapan (uniba).

Sementara itu, Wakil Ketua Satu yang membawahi langsung Koordinator PAUD/TK, SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA, DIKTI, Pondok Pesantren , Difabilitas dan ABK, dijabat oleh Bapak Dr.H. Sugianto, M.M.

Wakil Ketua Dua yang membawahi Koordinator Bidang Hukum, Bidang Organisasi dan Pengawasan, Bidang P4GN dan Pancasila, dijabat oleh Bapak M. Kosyim, S.H, M.T.

Wakil Ketua Tiga yang berada di atas Koordinator Bidang kerjasama, Hubungan Antar Lembaga, dijabat oleh Bapak Ariful Amin.

Wakil Ketua Empat yang memimpin Koordinator Penelitian Pendidikan Tinggi, Pendidikan Dasar, Menengah, PAUD dan Pesantren, Bidang IT dan PPID dijabat oleh Bapak Dr. Mohamad Nasir, S.H, M.HUM.

Selain Ketua dan Wakil Ketua 1 sampai dengan 4 beserta koordinator bidang masing-masing, masih ada jabatan Sekretaris yang diduduki oleh Bapak Ajid Kurniawan, S.Hut beserta wakilnya, Bendahara yang diduduki oleh Bapak Ir. Asrul Anwar beserta wakilnya dan seksi Biro Usaha.

Komnas Pendidikan Indonesia
Komnasdik Balikpapan masa bakti 2022-2027 bersama para pejabat pemerintah Kota Balikpapan dan Komnasdik Provinsi Kalimantan Timur.
Sumber Foto: Komnasdik Balikpapan

Semoga dengan dikukuhkannya Komisi Nasional Pendidikan di Kota Balikpapan ini, dapat membantu memajukan mutu pendidikan Indonesia, melalui peningkatan mutu pendidikan Kalimantan Timur, khususnya Kota Balikpapan.


Komentar